• PENGERTIAN BLOG
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.

Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.

  • SEJARAH BLOG
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.
Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain: 

  1. Melalui weblog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
  2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide – ide dan kemauan para Blogger.

10 Contoh Blog Network

mengenai blog network, anda bisa menjelajahi blog network-blog network ini:

1. Fuel Brand Network

Fuel Brand NetworkFuel Brand Network 

Blog Network yang mengambil niche “creative development”. Blog yang berada di jaringannya selalu diawali dengan nama fuelyourblababla.com.

Blog-blog yang berada di jaringan fuel brand network:

completely “fuel your passion”


2. Tuts+ Network

Tuts+ NetworkTuts+ Network 

Blog-blog yang tergabung ke dalam Tuts Network adalah blog yang menyediakan konten berupa tutorial-tutorial yang sangat keren: mulai dari grafis ke web development, dari audio hingga video. A-must-subscribe & learn! Mulai dari psd.tutsplus, net.tutsplus, hingga vector.tutsplus.com. Totally awesome! Contoh yang bagus tentang satu blog network yang fokus ke satu hal: menyediakan tutorial.

3. b5media

b5mediab5media 

Blog Network yang mencakup berbagai topik yang luas mulai dari enterteiment, gaya hidup, olahraga dan teknologi. b5media merupakan salah satu blog network terbesar di planet ini. Memiliki 10 juta unique visitor dan 30 juta page views per bulannya.

  • Beberapa blog yang termasuk ke dalam jaringan b5media:
  • Problogger. Blog tentang how to blog professionally. FYI, Darren Rowse adalah salah satu pendiri b5media.
  • Digital Photography School. Blog tentang digital photography
  • Dan masih banyak lagi. Cek di situs b5media untuk lebih lengkapnya.

4. Nature Blog Network

Nature Blog NetworkNature Blog Network 

Blog Network yang mengambil niche komunitas blog yang membahas tentang alam.

5. Splashpress Media

Splashpress MediaSplashpress Media 

Blog network yang memiliki lebih dari 100 jaringan dan 200 orang terlibat di dalamnya. Mencakup berbagai topik mulai dari monetisasi, tips publishing, dll.

6. Weblogs, Inc

Weblogs, IncWeblogs, Inc 

Blog Network yang terdiri lebih dari 90 blog ini mencakup berbagai topik: mulai dari gadget hingga finance. Tagline-nya: Company run by bloggers for bloggers. committed to keeping blogging authentic and honest. Weblogs, Inc menaungi beberapa blog yang sangat terkenal di blogosphere. Beberapa diantaranya:

  • Autoblog – Blog tentang otomotif
  • Engadget – Blog tentang gadget
  • BloggingBuyouts – Blog tentang finance
  • Dan masih banyak lagi. Cek di situsnya untuk informasi lebih lengkap.

7. PopSugar Network

Pop SugarPop Sugar 

Adalah jaringan situs dengan sudut pandang personal (we can say it as a blog) yang menyediakan konten seputar gaya hidup mulai dari selebriti, fashion, shopping, beauty, enterteiment, dll. Pendapat saya, PopSugar merupakan satu contoh upaya “meng-ekspansi niche berbeda yang masih berada dalam satu topik besar yang sama” dengan membuat jaringan blog.

8. “Crunch Network”

techcrunchTechCrunch 

Berawal dari TechCrunch yang sukses besar sebagai blog yang membahas seputar dunia web 2.0, berbagai ceruk informasi mengenai web 2.0 pun di jamah oleh Crunch Network (Istilah crunch network ini mungkin tidak pernah diciptakan secara resmi, namun saya menggunakannya untuk me-refer kepada semua grup TechCrunch). Mulai dari job board, wiki, gadget, enterprise, dll.

***************

Selain blog network yang saya sebutkan diatas (dan banyak blog network lain yang tidak bisa saya sebutkan sekaligus disini), ranah blogosphere lokal pun memiliki beberapa blog network:

9. Asia Blogging Network

Asia Blogging NetworkAsia Blogging Network 

Blog network yang berlokasi di Jakarta, Indonesia yang mencakup berbagai topik mulai dari musik, teknologi, olahgara, dll.

10. Arus Media

Arus MediaArus Media 

Blog network dengan blog berbasis opini dengan pengantar bahasa indonesia.

Blog yang berada di jaringan Arus Media:

  • Twentea – Blog yang membahas tentang gaya hidup umur 20 tahunan.
  • Ruang Freelance – Blog yang membahas seputar dunia freelancing
  • Makemac – Blog yang membahas tentang Mac

Langkah-Langkah Membuat Blog di WordPress…..

Untuk membuat blog dalam WordPress, seperti yang saya “poenya” ini, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Tentu anda harus masuk ke situs www.wordpress.com. Kemudian klik pada bagian Sign Up Now untuk membuat halaman blog baru.
  2. Isi form-form yang tersedia :
  3.  

  • Username : isi dengan nama yang anda pakai sebagai alamat blog anda, seperti blog saya ini, saya pakai user name “gusthy”. Lebih baik anda memakai nama anda langsung supaya mudah diingat dan anda akan cepat terkenal hehe……
  • Email Address : Isi dengan alamat email anda.. ( udah punya kan?????Klo belum punya, anda orang termasuk orang yang gaptek hehe…..Hari gini belum punya email….kasian de looeeeeee
  • Password : Isi dengan kata / angka / symbol atau gabungan dari ketiganya yang mudah anda ingat tapi sulit atau tidak mungkin diketahui orang lain…….
  • Legal Flotsam: Beri tanda “centang” pada kotak.,…..

3. Beri tanda centang pada kotak ” Gimme a blog!! kemudian klik Next….

4. Masukkan Judul blog pada Blog title yang akan muncul pada status bar. Untuk bahasa, pilih bahasa Indonesia aja ( “yang gampang”, dasar orang malas ya… ), defaultnya sih bahasa Inggris. Beri tanda centang pada Privacy agar blog anda masuk ke dalam search engine…Kemgian klik Sign Up..

5. Masukkan Data-data yang keren diri anda, kemudian kemudian klik Save Your Profile…

6. Pastikan bahwa alamat email anda valid. Data untuk aktivasi halaman blog akan dikirim ke alamat email tersebut. Untuk mengedit alamat email, klik Update Email….

7. Pihak WordPress telah mengirim data untuk aktivasi ke alamat email anda…..klik link untuk aktivasi dan anda juga akan mendapatkan username dan password untuk masuk mengedit halaman blog anda…

8. Selamat anda telah berhasil mempunyai blog………